Jakarta - Dalam berwirausaha toko online commerce dan e-commerce, mengakses berbagai layanan logistik menjadi salah satu strategi penjualan yang sukses.1

Selain memberikan benefit bagi merchant berupa nilai tambah terhadap kinerja pelayanannya, berbagai logistik juga memungkinkan pelanggan untuk menjadi mitra logistik yang mereka percayai

Hadirnya logistik yang beragam dan dampak positif terhadap bisnis di ruang digital telah dialami langsung oleh Uci(31) selaku pemilik toko online Mikhayla Shoes. Itu ide yang bagus.

Sosok ini mengaku terbantu dengan berbagai pilihan layanan logistik yang tersedia di platform Shopee.



Mikhayla Shoes menjual sepatu dan sandal wanita dan memiliki rating pelanggan lebih dari 4 juta.

Uci sengaja bermitra dengan Shopee seperti Anteraja, Sicepat, JNE, JNT, SPX, dan ID Express untuk menggunakan berbagai layanan ekspedisi guna memperluas jangkauannya ke pelanggan yang tersebar dari Sabang hingga Merauke.

"Sejak awal, semua layanan pengiriman kami telah diaktifkan. Mengapa semuanya diaktifkan. Karena ada beberapa daerah yang tidak tercakup oleh beberapa ekspedisi tersebut, maka pelanggan saya bisa menjangkau yang lokasinya cukup jauh dari pusat kota sehingga pelanggan juga bebas memilih jasa pengiriman di daerahnya," kata Uci.



Melalui pemilihan layanan logistik, penjual dapat fokus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan mengembangkan jangkauan bisnis melalui strategi logistik yang efektif.

Di sisi lain, pembeli dapat memilih berbagai layanan logistik, cepat, aman, dan terjangkau, sesuai dengan kebutuhannya.

1. Salah satu faktor utama yang mempengaruhi orang ketika memilih layanan e-commerce adalah integritas layanan logistik.

Aspek logistik ini terlihat dari pengalaman penjual dan pembeli yang rutin menggunakan e-commerce.



Uci menambahkan bahwa kecepatan dan keandalan pengiriman merupakan faktor kunci karena dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan mengurangi keluhan.

"Kami ingin memastikan bahwa pelanggan kami menerima produk mereka dengan cepat dan dalam kondisi baik, yang pada akhirnya meningkatkan ulasan positif dan reputasi Sepatu Mikhayla," kata UCI

Pendapat yang sama juga dianut oleh pemilik toko dhinda Hijab, yang baru-baru ini menjadi viral di TikTok karena kisahnya yang menginspirasi dalam membangun bisnis. Sebagai pemilik berasal dari pelaku usaha lain Nendah (23).

Nendah kerap membuka layanan logistik pengiriman barang instan atau same day agar pelanggan yang membutuhkan barang bisa membantu kedatangan dengan cepat.



" Jadi pelanggan saya banyak ibu-ibu yang order hari ini dan ingin menggunakan produk Hijab Dhinda di hari yang sama, jadi harus bisa langsung kesana. Jadi saya perlu bergabung dengan layanan pengiriman instan, agar pelanggan tidak menunggu terlalu lama. Ya Alhamdulillah di Shopee sangat leluasa memilih jasa pengiriman," kata Nendah.

Di sisi lain, dari segi pembeli, Kirana (34), pegawai swasta yang menjadi pelanggan setia platform e-commerce tersebut, mengatakan bahwa dirinya adalah kurir yang disediakan oleh platform e-commerce tersebut

"Kebetulan saya berteman dengan Toko Oren dan saya bisa leluasa memilih jasa pengiriman, jadi diskonnya banyak, Sering kali tidak demikian. Saya sudah percaya dan merasa aman, jadi nyaman menggunakan jasa pengiriman yang biasa saya gunakan, " jelas Kirana.



Dalam lingkungan e-commerce yang kompetitif, kemampuan untuk menyediakan layanan logistik yang cepat, fleksibel, dan andal adalah kunci keberhasilan.

Pendapat penjual dan pembeli e-commerce merupakan validasi pentingnya memilih layanan logistik untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan.

Dalam hal ini, memenuhi kebutuhan penjual dan pembeli melalui strategi logistik yang efektif, Shopee masih menjadi yang terdepan.

Berdasarkan data survei Campaign360, Shopee dinobatkan sebagai brand dengan pengalaman belanja terbaik di Indonesia dengan skor 87%.

Keberhasilan ini tidak terlepas dari kemampuan Shopee untuk menawarkan berbagai pilihan pengiriman fleksibel yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna baik bagi penjual maupun pembeli dalam transaksi jual beli di platform.