Ambon - Pelaku dan pemilik usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Ambon, B’gaya by Efie dan B’gaya K’Beta merilis busana muslim dengan mengangkat budaya Maluku.

Koleksi busana tersebut dipamerkan melalui peragaan busana di salah satu hotel di Ambon dengan tema “Raya in Harmony”.

“Untuk busana saya sendiri bertema Timeless Tale of Banda Naira. Sehingga koleksinya merujuk ke kekaguman luar biasa terhadap wisata Banda Naira yang kaya akan rempah-rempah dan bersejarah,” kata Desainer B’gaya by Efie Efie Hehanussa, di Ambon, Rabu.



Ia mengatakan, tema ini adalah lanjutan yang dibuat oleh B’gaya setelah mengikuti kegiatan nasional yang juga mengangkat tema dari Banda Naira.

“Sehingga mendekati Lebaran ini saya menarik tema itu dan dibuat dalam busana muslim yang mengarah kepada noni-noni Belanda, lalu ada kebaya dan batik dengan motif pala yang di dalamnya ada unsur etnik Maluku,” ujarnya.

Ia berharap, karya-karya busana ini lebih ditingkatkan lagi terutama mengangkat budaya Maluku ke panggung nasional hingga internasional.

“Saya selalu terinspirasi dari Maluku. Saya merasa tanggung jawab sebagai anak daerah untuk mengangkat keindahan di daerah ini. Semoga lebih mendunia lagi,” harap Efie.