Jakarta-Warga desa Pulau Panggang di kecamatan Kepulauan Seribu Utara mulai memadati Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Pulau Karya untuk berziarah kubur pada hari raya Idul Fitri Hijriah tahun 1445.

"Baru hari ini kami datang ke sini, kemarin Levaran datang ke rumah orang tua dan kerabatnya bersama keluarganya-lumpuh lumpuh," kata salah satu warga Ramri di Jakarta, Kamis.

Ia mengaku baru sempat menunaikan ibadah haji pada Hari Ke-2 Lebaran karena sebelumnya sibuk berhubung dengan sanak saudara lainnya.

Sebelum mengunjungi makam, Ramri terlebih dahulu membeli sekuntum bunga senilai 10.000 rupiah per paket Dana Air Mawar seharga 20.000 rupiah per botol.

"Pertama kali digunakan untuk membeli air mawar dan bunga. Terakhir ya sebelum ibadah haji puasa di sini, bahkan sekarang lagi di sini di hari Lebaran biasa," jelasnya.

Warga lainnya, Amirullah, mengatakan bahwa Lebaran menjadi satu-satunya momentum berkumpul bersama seluruh keluarga untuk berziarah dan berfoto bersama untuk membuat keabadian di media sosial

"Kalau Lebaran tidak sulit untuk berkumpul keluarga, pasti ada kesibukan." Hari ini setelah berkunjung ke rumah Anda, sementara selesai berziarah," katanya.

Sementara itu, polsek Pulau TPU karya Lukman Nurhakim mengatakan jamaah memadati kuburan pada hari kedua Lebaran.

Dia mengatakan bahwa belasan orang yang mengunjungi makam terus berdatangan dari pagi hingga siang.

"Mereka menggunakan ojek dan terlihat juga memakai baju lebaran, yaitu baju muslimah dan baju muslimah wanita, seperti hari pertama Lebaran," katanya.