Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Banda Aceh-Kabupaten Aceh Selatan memamerkan produk-produk usaha mikro, kecil dan menengah di wilayah tersebut pada Festival Busana Muslim Aceh (AMFF) di Jakarta.

Presiden Dekranasda Kabupaten Aceh Selatan Yulia Ni Irvana Banda Aceh, Sabtu, mengatakan produk yang dipamerkan adalah busana muslimah karya UMKM Putri Pala.

" Selama ini UMKM Putri Pala aktif melahirkan berbagai karya kreatif seperti baju muslim yang masih dijual di pasar lokal. Dengan mengikuti pameran tersebut, diharapkan produk UMKM di Provinsi Aceh Selatan semakin dikenal luas," katanya.

Yuliani Irvana menyampaikan bahwa pameran busana Muslim tersebut digelar di Sarinah Mall Jakarta pada tahun 2024-5-24-26.

Pameran tersebut menjadi ajang promosi produk UMKM tidak hanya dari provinsi Aceh Selatan, tetapi juga dari Provinsi Aceh bagian lain.



Selain busana muslim, kata dia, Dekranasda Kabupaten Aceh Selatan juga berasal dari suku Kluet Produk khas daerah seperti motif Situnjuang dan Senuwan serta kain bordir dan Batik Suku Krut merupakan salah satu dari sedikit suku di Provinsi Aceh Selatan.1

" Kehadiran Aceh Selatan dalam pameran tersebut disambut antusias pengunjung. Selain mempromosikan produk UMKM, kegiatan ini juga merupakan upaya melestarikan dan mewariskan warisan budaya masyarakat Kabupaten Aceh Selatan," kata Yuliani Irvana.

Sementara itu, PLT Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma mengapresiasi pelaksanaan AMFF oleh pemerintah Aceh.

AMFF merupakan kegiatan yang memberikan informasi tentang produk UMKM yang berpengaruh terhadap peningkatan ekonomi masyarakat.

" Kami berharap acara ini juga berdampak pada pengembangan produk UMKM di Provinsi Aceh Selatan. Selain itu, UMKM telah memberikan banyak kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat di provinsi Aceh Selatan," kata Cut Syazalisma.